Jangan Ceroboh! Ternyata "4 Tanda" Ini Adalah Gejala Rem Mobilmu Rusak!

Bagi pengendara mobil atau motor, keselamatan dalam mengemudi menjadi prioritas pertama. Tidak usah kencang-kencang, yang penting selamat. Setuju?「keselamatan berkendara mobil」的圖片搜尋結果

Namun bukan cara kita mengemudi saja yang harus kita perhatikan, melainkan kondisi dari mobilmu sendiri. Sebelum Anda bepergian, coba periksa 4 gejala ini. Jika kamu pernah mengalami 4 gejala ini, tandanya rem mobilmu rusak atau blong:

Sponsored Ad

1. Keluar suara berdecit


Jika kita mengendarai mobil, dan mendengar suara berdecit pada saat pedal rem diinjak, berarti situasi ini sudah berbahaya. Jika dibiarkan terus menerus, rem mobil Anda akan mudah blong. 

Sponsored Ad


Salah satu penyebab keluar suara berdecit karena kampas rem kotor atau piringan cakramnya yang kotor. Makanya Anda harus siap-siap mengganti kampas rem dan cakram yang baru.

Sponsored Ad

2. Pedal rem terasa keras


Kasus kedua saat kita menginjak pedal rem. Dimana pada saat kita menginjak rem dan pedal terasa lebih berat, ini bisa dikarenakan tersumbatnya saluran fluida, silinder roda macet atau juga bagian kampas terkena oli.

Sponsored Ad


Jika kita tidak menggantinya secara cepat, maka ini sangat membahayakan keselamatanmu. 

Sponsored Ad

3. Pedal tidak bertenaga


Pada saat kita merasa pedal rem terasa lebih ringan atau tidak bertenaga. Ini tandanya minyak rem habis maka injakan pada rem akan terasa loss atau ringan. Selain itu juga terdapat masalah dalam pipa oli transmisi, sehingga menghasilkan tekanan yang tidak cukup.

Sponsored Ad

4. Posisi pedal rem berubah dan lebih kendor


Sponsored Ad

Jika kita menemukan posisi pedal lebih bawah dari sebelumnya atau perubahan posisi lainnya, situasi ini membutuhkan perhatian besar.


Sponsored Ad

Ternyata penyebab dari hal ini karena kerusakan di bagian piringan cakramnya. Saat kondisi piringan cakram yang bergelombang, membuat permukaan piringan cakram i tidak rata, dan berefek samping pada posisi pada pedal rem.


Ini adalah 4 gejala rem mobil yang rusak. Ingat periksanya dari sekarang, jangan tunggu sampai ada masalah baru menyesal. Utamakan keselamatan dalam berkendara ya!

Sumber: Shareit 

Kamu Mungkin Suka