Ibu Hamil Ini Meminta Tempat Duduk di KRL Kepada Seorang Anak Muda. Reaksi Sang Anak Muda Tuai Kecaman Netizen !

Kursi Prioritas di kendaraan umum memang disediakan untuk beberapa golongan. Seperti orang lanjut usia, ibu hamil, penyandang disabilitas dan ibu yang membawa anak kecil. Hal ini ditentukan demi kenyamanan bersama dalam menggunakan fasilitas umum. Namun di kota besar yang orang - orangnya sangat sedikit punya rasa toleransi, peraturan seperti ini terkesan diacuhkan. Mereka hanya mementingkan diri sendiri dan terkadang menyerobot kursi prioritas. Hal ini akan dibuktikan oleh sebuah acara televisi yang bertajuk “Siapa Peduli”.

Sponsored Ad

Tim dari Siapa Peduli akan mencoba mengirimkan satu orang ibu - ibu hamil yang perutnya sudah membesar. Mereka ingin melihat bagaimana tanggapan orang - orang di KRL Jakarta tentang ibu yang sedang hamil tua ini. Apakah mereka memberikan tempat duduknya atau mereka malah diam saja seakan tak terjadi apa - apa? Percobaan ini dilakukan menjadi beberapa sesi dan dilakukan di gerbong yang berbeda antara gerbong umum dan gerbong wanita. Bagaimana hasilnya dan apakah ada gesekan - gesekan yang tercipta ketika sosial eksperimen ini berlangsung? Mari kita saksikan.

Sponsored Ad

Percobaan pertama mereka mengambil tempat di gerbong umum. Tak sampai 1 menit, orang yang duduk langsung memberikan tempat kepada ibu yang sedang hamil tua tersebut. Mereka dengan ramah dan berbaik hati memberikan kursinya sambil bertanya - tanya tentang keadaan sang ibu hamil. Mereka melakukan percobaan tersebut sekitar 4 kali percobaan dan selalu mendapatkan hasil positif. Mereka pun mencoba berganti tempat, kali ini mereka berpindah ke gerbong khusus wanita.

Sponsored Ad

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu belakangan memang kendaraan umum dibagi menjadi dua sisi. Sisi pertama adalah sisi khusus wanita guna menghindari kejadian tidak menyenangkan dan sisi kedua adalah untuk penumpang umum. Para tim Siapa Peduli berpindah ke gerbong khusus wanita dan mendapati fakta yang mencengangkan. Ketika sang ibu hamil masuk ke dalam gerbong, tak ada yang peduli sama sekali dengan sang ibu. Padahal, kebanyakan yang ada di dalam gerbong tersebut adalah wanita. Jika di gerbong umum sang ibu hamil bisa mendapatkan kursi dengan waktu 1 hingga 2 menit. Di gerbong wanita dirinya baru mendapatkan kursi di jangka waktu 3 hingga 5 menit.

Sponsored Ad

Tak hanya itu, bahkan ketika dirinya berdiri di depan kursi prioritas beberapa orang terkesan berpura - pura tertidur dan memainkan handphonenya. Mereka bersikap acuh tak acuh dengan kehadiran sang ibu hamil. Hingga akhirnya orang lain yang memberikan kursinya. Di percobaan terakhir bahkan ada seorang ibu - ibu dan seorang anak muda yang ribut masalah tempat duduk. Sang ibu itu menegur sang anak muda agar memberikan tempat duduk untuk sang ibu hamil. Bukannya bangkit, sang anak muda justru menjawab dengan ketus “Apa sih bu, saya juga baru duduk”. Sang ibu terus menegur anak tersebut hingga akhirnya sang ibu hamil duduk di depan mereka. Keributan antara sang anak muda dan ibu - ibu ini bahkan memancing petugas keamanan untuk datang dan menenangkan mereka.


Wah, padahal kan tidak perlu sampai berantem begitu. Kesadaran diri sendiri lah yang paling penting ketika memakai fasilitas umum. Semoga para pembaca tidak meniru anak muda ini yaa !


Sumber : Youtube

Kamu Mungkin Suka