Ternyata Tidak Sarapan Itu Malah Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh! No#2 Bukannya Langsing Malah Bikin Obesitas!

Menurut sebuah survei, tidak sarapan di pagi hari justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang berpikir kalau tidak makan pagi, perut akan menjadi lebih langsing. Tapi sebenarnya hal itu justru berakibat sebaliknya.

Di bawah ini adalah 8 resiko berbahaya jika kita melewatkan makan pagi:

1. Penyakit lambung

Jarak dari makan malam ke makan pagi biasanya 7-8 jam, jika kamu tidak sarapan berarti kamu baru makan di siang hari. Jika lambung kamu terlalu lama kosong maka asam lambung akan mudah meningkat sehingga maag kamu akan terasa nyeri.

Sponsored Ad


2. Obesitas

Ahli gizi menegaskan bahwa jika kamu melewatkan sarapan, nafsu makan kamu di siang dan malam hari justru akan lebih meningkat. Karena kamu merasa sangat lapar kamu akan memakan segala yang ada di depanmu dan lambat laun kamu akan jadi obesitas.

Sponsored Ad

3. Lemas dan telmi

Jika kita tidak sarapan, tubuh akan kekurangan pasokan nutrisi sehingga membuat sel-sel otak tidak mampu berkonsentrasi. Dengan demikian kita akan terlambat berpikir dan lemas saat mau bergerak.

Sponsored Ad


4. Stroke

Melewatkan sarapan akan menyebabkan penurunan volume darah sehingga akan meningkatkan resiko stroke. Apalagi bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Sponsored Ad

5. Gula darah rendah

Bagi para penderita diabetes, melewatkan makan pagi akan membuat gula darah turun drastis. Hal ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan sakit kepala, keringat berlebih, gemetar, jantung berdebar, sulit berkonsentrasi dan badan terasa lemas.

Sponsored Ad

6. Mudah terserang penyakit berbahaya

Karena tidak sarapan maka tubuh akan menjadi lemas. Saat seperti ini sangat mudah diserang oleh virus-virus berbahaya.


7. Sembelit

Karena tidak sarapan bisa menyebabkan sakit maag, hal ini juga akan mempengaruhi pergerakan usus. Jika usus tidak bisa bergerak normal akan menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Sponsored Ad

8. Batu empedu

Sekitar 90% pasien dengan batu empedu adalah mereka yang tidak makan sarapan atau makan lebih sedikit.

Sponsored Ad

Jadi apa sih yang baik dikonsumsi saat sarapan?

1. Minumlah setidaknya 200 cc air hangat setelah bangun tidur.

2. Waktu sarapan yang paling baik adalah 30 menit setelah bangun tidur.

3. Cobalah menghindari makanan yang digoreng, berkalori tinggi serta minuman soda. Memang bukan berarti sama sekali tidak boleh tapi ada baiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

Sponsored Ad

4. Sereal, roti gandum sangat bagus jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Kamu juga boleh makan mie untuk sarapan.

5. Kita juga bisa menambahkan telur, daging dan sayur saat makan pagi. Jangan lupa makan buah juga yah!

6. Seminggu tiga kali buatlah jus anti-kanker: 2 buah wortel dan 1 buah apel, tambahkan 500 cc susu sapi lalu dijus bersamaan.

Sumber : epochtimes

Kamu Mungkin Suka