​Hati-hati! Jangan Bertukar Handuk Dengan Orang Lain Jika Tidak Ingin Terkena Bahaya Ini!

Meminjam atau bertukar barang pribadi dengan sahabat atau pasangan menurut beberapa orang mungkin hal yang wajar-wajar saja. 

Sponsored Ad

Pernahkah kamu meminjam handuk milik teman saat berlibur atau bertukar handuk dengan pasangan?

Jika kamu pernah melakukan hal tersebut bahkan telah menjadi kebiasaan, mulai saat ini kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan itu. Berbagi barang-barang pribadi seperti handuk, bukanlah ide yang bagus karena dapat menyebabkan masalah kulit.

Sponsored Ad

Mungkin kamu kebingungan, mengapa hal itu dapat terjadi padahal handuk yang dipinjam adalah handuk yang baru dicuci atau baru sekali pakai. Memang sekilas handuk mungkin terlihat bersih tapi siapa sangka handuk dapat mengumpulkan debu, kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menjadikannya tempat berkembang biak bakteri.

Sebuah penelitian dalam American Journal of infection Control mendeteksi bakteri E.coli pada handuk yang digunakan kembali dapat menyebabkan jerawat dan infeksi jamur. Saat menggosokkan handuk ke kulit, maka bakteri akan berpindah ke kulitmu dan berkumpul di pori-pori.

Sponsored Ad

Perhatikan beberapa hal ini saat memakai dan menyimpan handuk :

#1  Cuci handuk wajah secara teratur dan simpan di tempat yang kering.

Sponsored Ad

Jangan pernah menyimpan handuk di kamar mandi karena lingkungan lembab dan hangat bisa menjadi inkubator bakteri.

#2 Pastikan bahwa handuk telah kering sebelum melipatnya.

Sponsored Ad

#3 Jangan menggunakan handuk yang sama, di wajah, tubuh dan rambut. Handuk bisa dipenuhi residu dari hair conditioner yang dapat berpindah ke wajah sehingga menyebabkan jerawat.

Sebaiknya bawa handuk pribadi saat menginap di luar dan jagalah kebersihannya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan pada kulit kalian.

Sumber : Intisari

Kamu Mungkin Suka