Ia Merebus Daun Mangga dan Meminumnya, Khasiat Fantastisnya Bisa Sembuhkan Sakit yang Diderita “Orang Indonesia”

Buah mangga yang manis, segar, dan lembut pastinya jadi favorit semua orang. Tapi, semua orang pasti luput dengan daun-daun mangga. Mangga sendiri memang dikenal memiliki banyak manfaat, namun, ternyata daun mangga sendiri memiliki manfaat yang lebih banyak! 

Sponsored Ad

Tidak banyak yang tahu kan? Daun mangga mengandung khasiat obat yang menyembuhkan. Daun mangga berwarna kemerahan atau keunguan saat masih awal dan menjadi hijau gelap dengan bagian bawah yang pucat. 


Daun ini kaya akan vitamin C , B, dan A. Daun mangga memiliki sifat antioksidan yang kuat karena memiliki kandungan flavonoid dan fenol yang tinggi. Dilansir dari Stylecraze.com, berikut 7 manfaat luar biasa daun mangga yang harus kamu ketahui:


1. Mengobati Diabetes

Sponsored Ad

Daun mangga sangat berguna untuk mengobati diabetes. Daun muda dari pohon mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins, yang membantu dalam mengobati diabetes tahap awal.


Teh rebusan daun mangga sangat baik untuk penyakit ini. Caranya, rendam daun dalam secangkir air semalam. Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes. Ini juga membantu mengobati hiperglikemia.


2. Menurunkan Tekanan Darah

Daun ini membantu menurunkan tekanan darah karena mereka memiliki sifat hipotensi. Mereka membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

Sponsored Ad

3. Batu Ginjal dan Empedu

Daun mangga membantu mengobati batu ginjal dan batu empedu. Seduh harian serbuk daun mangga yang digiling halus, dikeringkan di tempat teduh, dengan air yang disimpan dalam gelas semalam, membantu memecahkan batu ginjal dan empedu.

Sponsored Ad


4. Masalah Pernafasan

Daun mangga baik untuk semua jenis masalah pernapasan. Ini sangat berguna untuk orang yang menderita pilek, bronkitis, dan asma. Minum ramuan yang dibuat dari rebusan daun mangga dalam air dengan sedikit madu membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga membantu dalam menyembuhkan kehilangan suara.


5. Sakit Telinga

Sakit telinga bisa sangat menjengkelkan. Menggunakan obat rumahan alami ini dapat memberikan manfaat yang baik. Satu sendok teh air hasil ekstraksi daun mangga dapat digunakan sebagai obat tetes telinga. Jangan lupa panaskan sedikit air sebelum menggunakannya.

Sponsored Ad


6. Sembuhkan Luka Bakar

Untuk menyembuhkan luka bakar di kulit, kamu  dapat menggunakan bakaran daun mangga yang menjadi abu. Oleskan abu ini pada area luka bakar untuk memberikan bantuan instan.

7. Jamu untuk Perut

Taruh beberapa daun mangga dalam air hangat, tutup wadah dengan penutup, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, saringlah air dan minum air itu saat perut kamu  masih kosong. Asupan rutin ini berfungsi sebagai tonik perut yang baik dan membantu mencegah berbagai penyakit perut.


Karena daun pohon mangga tersedia sepanjang tahun, menggunakannya untuk pengobatan rumah tidak akan sulit. Sifat antioksidan dan antimikrobanya dapat membantu mengobati berbagai penyakit secara efisien. Coba, ada yang pernah pakai daun mangga ini buat kesehatan gak gengs? 


Sumber: Intisari