Wajib Catat! Ibu yang Cerdas Adalah Ibu yang Berani Lakukan "Hal Ini" Pada Anak!

Cinta dari ibu menentukan kebahagiaan anak. Didikan dari ibu menentukan kesuksesan anak. Meskipun keluarga itu miskin, selama ada ibu yang jujur, baik, rajin dan pekerja keras, itu adalah berkah terbesar bagi anak dan keluarga.

Sponsored Ad

Secara umum, kita dianjurkan membelikan mainan untuk anak sebelum dia berusia 4 tahun. Setelah itu, kita bisa mengajaknya pergi beli mainan.

Tapi, ketika pertama kali beli mainan, jangan merogoh uang sampai habis. Tidak peduli berapapun harga mainannya, kamu harus memberikan peraturan untuknya. Jika mainan ini harganya 56 ribu, maka kamu bilang uang kamu cuma 50 ribu, jika mainan ini harganya 240 ribu, maka kamu harus bilang uang kamu cuma 200 ribu. Mengapa? Budget adalah ketika budgetmu hari ini sudah melebihi batas, maka kamu tidak bisa membelinya lagi.

Sponsored Ad

Anak kamu mungkin akan berpikir bahwa seharusnya kamu membelikan mainan untuknya karena kamu mengajaknya pergi. Nah, pada saat ini kamu bisa menjelaskan padanya tentang mengapa ayah dan ibu bekerja. Karena orang tua bekerja demi dapat uang dan bagaimana caranya? Dengan bekerja, setiap bulan kita akan mendapatkan uang dan uang ini harus digunakan untuk menghidupi seluruh anggota keluarga di rumah selama sebulan. Untuk bayar listrik, untuk makan keluarga, bayar uang sekolah dan lain-lain.

Sponsored Ad

Setelah itu, kamu bisa bilang padanya bahwa kita tidak bisa menghabiskan uang untuk membeli semua barang, kita harus bisa membaginya. Kalau uang ini dipakai untuk beli mainan semua, maka besok gak bisa beli sayur lagi.

Sponsored Ad

Tapi, jika anakmu masih belum mengerti juga, maka kamu bisa mengingatkannya kenapa ayah sering lembur, pulang kerja sudah sangat larut malam dan sebagainya. Karena dengan lembur, maka penghasilan akan bertambah juga. Jika minggu depan ayah lembur lagi, maka kita bisa beli mainan ini minggu depan.

Mengapa? Pertama, proses ini membuat anak mengerti bahwa uang itu tidak datang begitu saja. Kedua, ini untuk memberitahu mereka bahwa pemakaian uang itu ada aturannya. Kemudian, jika barang kamu melebihi dari budget yang sudah ditetapkan, maka itu tidak bisa dibeli lagi. Minggu depan baru bisa dibeli.

Sponsored Ad

Semua mainan anak kamu harus dimasukkan dalam perencanaan pengeluaran keuangan dan untuk melaksanakan perencanaan ini, anak harus mengikuti aturan kamu untuk melakukan sesuatu.

Sponsored Ad

Ini semua agar anak bisa terdidik dengan baik. Meskipun ini juga merupakan tugas guru di sekolah, tapi jika anak kita titipkan pada orang tua dan tidak sekolah, maka itu jadi tugas kita untuk menambahkan didikan ini. Kalau tidak, nanti anak semakin sulit diatur saat sudah lebih besar.

Sumber: shhbkfx