Patut Dicontoh! "Inilah Alasan" Orang Jepang Menangkupkan Tangan Sebelum Makan

Siapa yang pernah pergi liburan ke Jepang?

「japan place to go」的圖片搜尋結果

Jepang adalah sebuah negara yang terkenal unik budayanya, teknologinya maju, bersih, dan orangnya pun sangat menjaga tata krama.

Nah berbicara tata krama Jepang, entah kalian sadar atau tidak, setiap orang Jepang memiliki kebiasaan mengucapkan “Itadakimasu” sebelum makan.

日本人飯前說的那句根本不是「我開動了」  他們從小教要講這句背後原來有這麼重要的原因

Itadakimasu sendiri memiliki arti “saya dengan rendah hati menerima“. Itadakimasu umumnya dikatakan sebelum makan.

Sponsored Ad

Sebelum makan, orang Jepang biasanya menangkupkan kedua tangan di depan dada, sambil mengucapkan itadakimasu.

Sponsored Ad


Dan setelah makan, orang Jepang kembali menangkupkan kedua tangan di dada,sambil mengucapkan Gochisousama.

Pertanyaannya, mengapa orang Jepang harus melakukan ritual tersebut sebelum dan sesudah makan?

Sponsored Ad

Parah ahli Jepang menjelaskan bahwa tandanya manusia ‘menerima binatang dan tumbuhan untuk dimakan’. Serta ungkapan rasa terimakasih karena ‘telah memberikan hidup’ kepada manusia lewat makanan.


Sponsored Ad

Selain mengekspresikan perasaan terimakasih pada alam dan orang yang memasak, juga sebagai tanda terima kasih kepada petani dan pekerja lainnya.

Karena orang Jepang diajarkan tata krama ini sejak usia dini, makanya mereka berpikir bahwa sangat tidak sopan untuk tidak mengatakan "itadakimasu" sebelum makan.

Sponsored Ad

Saat masih duduk di bangku sekolah, anak-anak harus mengucapkan "itadakimasu" dengan keras dan lantang. Tujuannya biar anak-anak tahu bahwa makanan itu sulit didapat dan setiap makanan layak untuk dihargai.


Sponsored Ad

Dari ritual ini, menginspirasi kita sebagai orangtua di Indonesia agar mengajarkan anak tata krama sejak dini. Ajarilah anak untuk mengucapkan ‘terimakasih atau selamat makan’, dan ajarilah anak untuk tidak menghamburkan makanan, karena hal itu sebagai bentuk penghormatan kita kepada alam dan para petani.

Sumber: urreply 

Kamu Mungkin Suka