Jangan Pernah Ulangi! Begini Akibatnya Untuk Kesehatan Jika Kamu Sering Menahan Kencing

Disadari atau tidak, banyak dari kita yang masih sering menahan kencing dengan berbagai alasan. 

Entah itu karena toilet sedang kotor, sedang malas bergerak dari tempat tidur karena dingin, sedang terburu-buru atau berada di suatu acara yang memaksamu agar tidak pergi ke toilet.

Menurut dr. Made Santica Indah melalui akun youtube SKWAD Health mengungkapkan bahwa menahan kencing bisa menimbulkan berbagai masalah. Diantaranya yaitu;

1. Ketidaknyamanan pada pinggang

Sponsored Ad

2. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kecing adalah efek samping yang umum dari menahan kencing terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh koleksi bakteri di sekitar pembukaan uretra Anda (tabung yang membawa urin dari dalam kandung kemih ke luar) cenderung masuk ke dalamnya ketika Anda tidak buang air kecil cukup sering, karena buang air kecil membantu Anda untuk membuang bakteri, jika Anda menahannya, maka bakteri berkesempatan untuk berkembang biak.

Sponsored Ad

- Gejala dari infeksi saluran kemih:

- Bolak balik ingin buang air kecil

- Rasa tidak  nyaman di bawah perut

- Demam

- Urin berbau

- Urin berwarna keruh/merah

3. Sistitis (infeksi kandung kemih)

Sponsored Ad

Bedanya dengan saluran kemih adalah, kalau saluran kemih ada rasa gak nyaman ketika buang air kecil, tapi kalau kandung kemih ada rasa gak nyaman di daerah bawah perut.

4. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium, dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Ketika Anda ingin mengeluarkannya melalui saluran kemih, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

Sumber:Youtube