Sulit Dipercaya! Di Tengah Suhu 56 Derajat, Mereka Menemukan "Spesies Langka" Ini!

Para ahli memperkirakan jumlah spesies yang pernah hidup di muka bumi hampir sekitar lima miliar. Namun karena kepunahan dan rusaknya ekosistem, alhasil banyak spesies yang tidak bertahan hidup di jaman modern ini.

Namun berbeda yang terjadi di daerah, California. Daerah ini terkenal dengan padang pasir yang luas dan memiliki rekor suhu maksimum mencapai 56,7 derajat.


Sponsored Ad

Bisa dibayangkan betapa kering dan gersangnya daerah ini?

Namun dengan lingkungan yang begitu ekstrem, ditemukan makhluk yang bisa bertahan hidup. Bahkan makhluk ini telah hidup dari jaman es.

Ternyata mahkluk itu adalah ikan Devils hole pupfish.

Sponsored Ad


Ikan ini memiliki ukuran tubuh kurang lebih 2,7 cm saja. Dan dikatakan bahwa ikan ini hanya tersisa 35 ekor saja.


Sponsored Ad

Kemungkinan besar mereka sudah hidup 60.000 tahun yang lalu, sejak goa kapur terbuka ke permukaan. 


Ikan ini hidup di kolam gua batu kapur yang airnya tidak terhubung dengan sumber lain. Herannya lagi, ikan ini bisa bertahan hidup di kadar oksigen yang rendah.

Sponsored Ad


Pada tahun 1966, ikan ini menjadi salah satu spesies pertama yang dilindungi oleh US Endangered Species Preservation Act. Para ahli biologi mencoba untuk melestarikan spesies ini, tapi mengalami kesulitan dalam proses pengembangbiakannya.


Sponsored Ad

Timbul juga pertanyaan, bagaimana ikan Devils Hole bisa hidup di kolam batu kapur?

Ahli goa mengatakan bahwa suku Indian penduduk asli Amerika yang membawa ikan tersebut itu ke dalam kolam tersebut.

 

Tapi ada juga teori yang mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut mungkin dibawa oleh burung-burung, atau menemukan rute rahasia di bawah tanah.

Well, di luar misteri darimana ikan itu berasal, tapi dari sini kita bisa mengetahui bahwa karya ciptaan Tuhan itu begitu unik dan ajaib, setuju?

Sumber: petpetbase