Nyeri Kepala? Gak Perlu Repot, Hanya Perlu "5 Cara Mudah" Ini Saja, #2 Cuman Makan Bubur Aja?!

Jika nyeri kepala sudah melanda tentu rasanya nggak enak banget ya. Jadi nggak enak buat melakukan segala hal. Menurut kepercayaan Tionghoa, nyeri kepala itu merupakan sinyal pada tubuh yang menandakan bahwa terjadi penyumbatan aliran energi di sana.

Sponsored Ad

Penyebabnya bermacam-macam. Misalnya terkena paparan angin. Jadi misalkan kamu duduk di depan kipas angin, atau ketika kamu duduk, ternyata di belakang kamu ada AC yang anginnya langsung kena di belakang kepalamu.

Hal itu juga dapat menyebabkan nyeri kepala, karena terjadi gangguan energi di dalam tubuh.

Kemudian, depresi juga dapat mempengaruhi aliran energi di dalam tubuh. Dan ada 1 faktor lagi, yaitu cedera fisik. Misalkan habis terjatuh atau kepala habis terbentur. Dengan mengetahui penyebab nyeri kepala yang sebenarnya, kamu bisa menghindari penyebabnya.

Sponsored Ad

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan di rumah (terapi rumahan) untuk mengatasi nyeri kepala.

1.Diet / pola makan

Sebenarnya diet bukan hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan tetapi diet / pola makan. Bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan atau menjaga berat badan ideal, itu termasuk dinamakan diet, yaitu pola makan. Dalam hal ini adalah pola makan bagi mereka yang sering mengalami nyeri kepala. Jadi energi sangat bergantung pada apa yang dimakan sehari-hari. Karena makanan dan nutrisi yang kita konsumsi akan berakhir di meridian. Dan itulah yang menjadi sumber energi bagi kita. Kemudian, konsumsi makanan real food, yaitu makanan yang tanpa diproses / yang langsung dari alam. Contohnya seperti sayuran segar, buah-buahan segar dan biji-bijian. Jadi tanpa melalui proses misalnya bahan pengawet, tanpa pewarna, pemanis buatan, pengharum dan sebagainya. Karena bahan-bahan tersebut tidak berguna bagi tubuh kita. Contohnya adalah sosis, nugget, makanan kalengan, minuman kalengan, minuman kemasan, apalagi yang tinggi kadar gulanya.

Sponsored Ad

2. Mengonsumsi bubur

Kamu bisa menyiapkan bubur dengan irisan daun bawang, bawang putih dan jahe. Bubur dapat membantu untuk mengeluarkan keringat pada tubuh sehingga meningkatkan sistem imun. Jika sistem imun naik, maka tubuh akan dapat melawan bakteri. Kemudian, bubur juga sangat baik bagi kamu yang menderita hipertensi. Tentu saja, jangan menambahkan garam atau kecap asin berlebihan. Selain itu, bubur juga baik bagi para wanita yang mengalami PMS. Di mana emosi mereka tidak stabil, detak jantung tidak stabil dan mood juga tidak bagus. Bubur juga sangat baik untuk nyeri kepala tipe TTH, yaitu Tension Type Headache.       

Sponsored Ad

3.Tambahkan suplemen

Tentu saja suplemen yang kamu makan, usahakan berasal dari alam dan bukan berasal dari sintetis. Suplemen yang dianjurkan adalah kalsium, magnesium, omega 3, dan vitamin B.

4. Lakukan olahraga / kegiatan ringan

Misalnya jalan-jalan di luar. Menghirup udara segar, tarik napas yang dalam. Hal itu dapat membuat tubuh lebih banyak menyerap oksigen. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah meditasi.Kamu dapat melakukannya di tempat yang tenang, cari posisi yang nyaman dan jangan terlalu dipaksakan.    

Nah, sekarang kamu sudah tau kan hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri kepala? Namun, jika nyeri kepala tidak juga mereda segeralah konsunltasikan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Sumber: youtube

Video rekomendasi:

Kamu Mungkin Suka