Pot Ini Tampak Indah dan Berseni. Siapa Sangka Pembuatnya "Bukan Manusia"?!

Apa kalian pernah melihat poci seperti ini? Warnanya merah, dan teksturnya berlubang-lubang. Yang paling unik adalah bentuk lubangnya segi enam!

Siapa pun tidak menyangka, poci indah ini ternyata dibuat oleh 60.000 "mereka"! Dan "mereka" ini bukanlah manusia...

Sponsored Ad

Inilah sosok para pembuatnya, para lebah! Keahlian lebah dalam membuat sarang memang sudah diketahui dunia. Untuk itu seorang arsitektur bernama Tomas Libertiny pun memanfaatkan keahlian para lebah untuk berseni.

Sponsored Ad

Lebah mempunyai 6 kaki, 2 sayap, dan respon cahayanya sangat berbeda dengan manusia. Lebah hanya bisa membedakan warna kuning, hijau, biru dan sinar ultra ungu. 

Mereka tidak bisa melihat warna merah dan melihatnya seperti warna abu-abu. Walaupun begitu, lebah adalah serangga satu-satunya yang menghasilkan makanan untuk manusia, yaitu madu

Dibutuhkan kurang lebih 60.000 ekor lebah untuk membuat vas bunga ini. Untuk membuatnya, seniman Tomas Libertiny akan membuat rangkanya terlebih dahulu, dan sisa pekerjaannya dibiarkan ke lebah untuk membentuknya.

Sponsored Ad

Selama jutaan tahun, lebah telah menggunakan struktur segi enam untuk membangun sarangnya. Sungguh merupakan kecerdasan yang menakjubkan, karena mereka memilih struktur segi enam, bukan segi tiga, persegi atau bentuk lainnya. Bila dibandingkan dengan bentuk struktur yang lain, struktur berbentuk segi enam lah yang paling optimal dalam menjalan fungsinya. Struktur segi enam menggunakan jumlah lilin yang paling sedikit dalam pembangunan dan dapat menyimpan madu paling banyak. 

Sponsored Ad

Tomas Libertiny menamakan proyek ini "Thousand Years". Makna dari Thousand Years ini adalah untuk membuat manusia memahami kekuatan magis alam dan lebah.

Rata-rata satu ekor lebah hanya dapat menghasilkan 1 1/2 sendok teh madu seumur hidupnya. Dibutuhkan 556 ekor lebah untuk menghasilkan satu pon madu yang berasal dari 2 juta nektar bunga.

Kekuatan mereka memang kecil, namun bila disatukan, maka mereka bisa membuat karya yang menakjubkan.

Sumber: injurynewlawyer