Ikan Piranha yang Paling Ditakuti di Amazon, Ternyata Punya "Musuh Bebuyutan" yang Tak Terduga!

Walaupun kamu gak pernah melihat, kamu pasti pernah mendengar ikan piranha yang sangat menakutkan di sungai Amazon. Tetapi pertanyaan muncul: mengapa mereka tidak bisa mendominasi seluruh sungai Amazon?

Sponsored Ad

Bahkan, "Piranha" tidak mengacu pada ikan tertentu, tetapi merupakan istilah umum untuk semua ikan air tawar karnivora di Amazon. Ada puluhan piranha yang berbeda di dunia, spesies terkecil hanya 15 cm dan spesies terbesar bisa mencapai 50 cm!

Mau ikan piranha karnivora atau omnivora, mereka semua memiliki gigi yang sangat tajam. Mereka juga sangat sensitif terhadap rasa darah. Jika ada hewan yang terluka masuk dalam air, mereka akan mulai mengelilinginya dan menyerangnya secara bersamaan, menggunakan gigi tajam untuk langsung menggigit daging mangsa dari semua sudut.

Sponsored Ad

Kecepatan berburu mereka sangat cepat, sekelompok piranha sekitar 10cm dapat makan 50 kilogram daging dalam beberapa menit! Dari segi ukuran dan bentuknya, kekuatan gigitan mereka jauh lebih kuat daripada hiu putih besar dan caiman (sejenis aligator)! Mengapa makhluk yang mengerikan seperti itu tidak bisa mendominasi sungai Amazon?

Sponsored Ad

Ternyata ada banyak jenis ikan yang telah mengevolusikan berbagai teknik bertahan hidup yang unik demi kelangsungan hidupnya dan musuh terbesar piranha adalah belut listrik. Belut listrik disebut sebagai predator terkuat di sungai Amazon, sebelumnya ada penelitian yang menemukan bahwa arus listrik yang dikeluarkan satu ekor belut yang panjangnya tidak sampai satu meter ini bisa membunuh 30 ekor ikan piranha!


Sponsored Ad

Umumnya belut listrik bisa melepaskan 300-650 volt dan rekor tertinggi di sungai Amazon adalah belut listrik yang bisa melepaskan lebih dari 800 volt arus listrik sebanyak 50 kali dalam satu detik dan dapat terus dilepaskan selama 15 detik, meski tidak setiap waktu menggunakan arus listrik sekuat ini. Tapi, ini sudah cukup mengancam keselamatan hewan yang berniat menyakiti mereka. Kadang-kadang ada sapi yang datang ke sungai untuk minum air atau buaya yang datang saja bisa dibuat teler oleh belut listrik.

Sponsored Ad


Satu persatu hewan ini akan berevolusi mencari cara yang paling tepat untuk bertahan hidup. Kita harus mengagumi keajaiban alam ini!

Sumber: fun01