Kenapa Habis Makan Tidak Boleh Tidur? Setelah Tahu Fakta Sebenarnya Kamu Langsung Kapok!

Merasa ngantuk setelah makan adalah hal yang cukup sering terjadi, sehingga langsung tidur setelah makan pun tidak bisa dihindari. Tanpa disadari, ternyata hal ini membawa dampak negatif terhadap kesehatan kita loh.

Pada akun youtube SB30 Health dr. Sungadi Santoso menjelaskan kenapa habis makan kita tidak boleh tidur. Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai alasannya dr Sung menjelaskan bagaimana proses makanan itu masuk ke lambung.

Jadi kita makan lalu mengunyah makanan, ketika kamu habis makan dan lambung masih penuh, lalu kamu tidur, maka itu adalah melawan gravitasi. Akhirnya makanan tersebut terdorong ke atas.

Sponsored Ad

Pengosongan lambung terjadi kurang lebih sekitar 2 sampai 4 jam, jadi ketika makanan itu masih penuh maka akan berbahaya untuk kesehatan. Meskipun sebenarnya makanan ini tidak bisa naik ke kerongkongan, tapi ada beberapa orang yang penutup dari lambung ini lemah, sehingga makanan bisa naik. Karena begitu dia tidur makanan ini langsung naik ke atas, dan nama penyakitnya adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Sponsored Ad

Gejala penyakit ini adalah merasa tiba-tiba panas, rasanya seperti terbakar, mulut tidak enak. Jadi saran dr Sung habis makan jangan langsung tidur. Dan makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Sponsored Ad

Isi perutmu sekitar 70%, kasih tempat udara di dalamnya. Ibaratnya seperti mesin penggiling semen, jika ia diisi penuh oleh semen maka ia tidak akan bisa bekerja dengan sempurna, seperti itu juga fungsi kerja lambung.

Ditambah lagi jika posisi tidur setelah makan, tentu itu akan berakibat buruk untuk kesehatanmu.

Sumber: Youtube



Kamu Mungkin Suka