Orang-Orang Heran Melihat Buah dan Pohon Unik di Indonesia Ini, Setelah Tahu Rahasia di Dalamnya Bikin Bulu Kuduk Berdiri!

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan sebuah labu yang unik, namun berbahaya. Labu ini diberi nama Labu Dinamit. Bentuk dari labu ini sekilas seperti buah sancha, berbentuk segi delapan dan juga menyerupai bentuk bawang putih yang unik. Walau terlihat mungil dan biasa saja, tapi siapa sangka labu jenis ini memiliki kemampuan ‘meledak’ yang luar biasa!

Sponsored Ad

Jika kamu melihat labu jenis ini, jangan sampai kamu memungut dan membawanya pulang ke rumah. Walau bentuknya terlihat sangat unik dan menarik, tapi labu jenis ini bisa menghasilkan ledakan yang berbahaya. Bagian biji dari labu ini pun bisa meluncur seperti peluru. Selain itu, labu jenis ini juga beracun. Sebisa mungkin lebih baik jangan menyentuh labu ini.

Sponsored Ad

Sebenarnya apa yang membuat labu jenis ini begitu berbahaya? Setelah dilakukan penelitian menyeluruh, labu jenis ini ternyata berasal dari pohon Sandbox (Dynamite Tree). Pohon ini berasal dari Amerika dan tersebar di beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. Pohon ini dinamakan pohon dinamit karena setelah bagian buahnya matang, buah akan meledak dan ledakannya bisa melukai benda atau makhluk lain yang ada di sekitarnya.

Sponsored Ad

Pohon Dinamit begitu berbahaya, mulai dari bagian batang pohon hingga buahnya. Kulit coklat pada batang Pohon ini ditutupi dengan banyak titik duri yang hitam dan tajam yang membuat hewan (termasuk monyet) tidak bisa memanjatnya, dan terkadang membuat hewan yang tidak tahu akan terluka dibuatnya.

Sponsored Ad

Lalu, seperti yang sudah disebutkan di atas, bagian buah, yaitu yang disebut labu dinamit akan meledak dengan suara seperti tembakan ketika sudah matang dan menyebarkan benih hingga 100 meter, dengan kecepatan lebih dari 150 mil per jam. Jika kamu makan buahnya, akan menyebabkan kram usus, diare dan muntah. Efek jangka panjang nya akan menyebabkan denyut jantung cepat,  mengalami kebutaan, mengigau bahkan kematian.

Sponsored Ad

Mengapa pohon ini meledak? Ledakan ini sebenarnya bukan untuk melindungi diri, melainkan untuk perkembangbiakan. Bagian buah akan terbuka saat matang untuk menyebarkan spora dan berkembang biak. Satu-satunya bagian yang bisa digunakan manusia adalah bagian getah. Getah digunakan masyarakat setempat untuk meracuni mata panah guna kepentingan berburu. Walau demikian, tetap saja harus hati-hati saat hendak mengambil getah, karena getahnya pun beracun, menyebabkan peradangan, luka, iritasi dan kebutaan sementara.

Sponsored Ad

Beberapa orang tidak bertanggung jawab kemudian memanfaatkan beberapa bagian dari pohon ini untuk melukai orang lain dan melakukan hal-hal yang tidak terpuji lainnya. Maka dari itu, kita harus berhati-hati dan mempelajari lebih banyak tentang tanaman ini. Jangan sampai kamu menjadi korban. Kita harus menjauhi racun dan hal-hal berbahaya seperti ini. Jangan lupa sebarkan pada teman dan keluarga ya!


Sumber: Coco

Kamu Mungkin Suka