WOW! 2 Penyelam Menemukan "Pita Putih Sepanjang 8 Meter" di Bawah Laut! Setelah Didekati, Katanya: "LUAR BIASA!"

Ada banyak makhluk misterius di bawah laut yang menunggu kita untuk dijelajah. Ketika dua orang penyelam bernama Steve (56) dan Andrew Buttle (48) menyelam di White Island, New Zealand, mereka melihat sesuatu yang istimewa. Tiba-tiba ada "pita putih” besar di depan mata mereka. Pita putih itu bergoyang dengan lembut di dalam air dan bagian tengahnya transparan, sama seperti kantong plastik.

Panjang pita putih ini sekitar 8 meter dan seperti jeli. Terlihat sangat lembut dan kadang bergetar

Sponsored Ad


Ternyata pita putih ini adalah cacing laut penyaring makanan yang disebut pyrosome.

Sponsored Ad


Sebenarnya, pyrosome ini awalnya sangat kecil. Pyrosome bisa berukuran 8 meter karena terbentuk dari ribuan klon zooids dengan masing-masing individu mampu menyalin dirinya sendiri dan menambah anggota koloni.

Sponsored Ad


Steve dan Andrew melihat pemandangan mengejutkan ini sekitar 10 meter di bawah air. Hewan ini perlahan berenang sekitar 200 meter di dalam air, terus berubah bentuk dan ukuran.

Sponsored Ad


Andrew berkata, "saya belum pernah melihat cacing ini sebelumnya dan saya bahkan belum pernah melihat foto atau video tentangnya. Sangat menarik dan luar biasa ketika saya bisa melihatnya dalam air langsung."

Sponsored Ad


Koloni yang saling terkait dan menjadi pyrosome ini, membentuk tabung panjang yang lentur yang terbuka di salah satu ujungnya, dan terbuka di ujung yang lain. Makhluk ini menyedot air yang penuh dengan plankton melalui ujungnya yang terbuka dan kemudian dicerna di dalam tubuhnya.

Sponsored Ad

 

Tubuh pyrosome yang dijuluki unicorn laut ini dapat tumbuh hingga ukuran ‘raksasa’, kadang-kadang melebihi dua belas meter, bahkan konon ada yang bisa mencapai tigapuluh meter. Pyrosome mampu menyelam hingga kedalaman 500-700 meter di bawah permukaan laut.

Sponsored Ad

 

Pyrosome bergerak dengan bantuan arus air laut, tetapi mereka juga mampu menggerakkan diri dengan bantuan air yang mereka saring, meskipun mereka bergerak sangat lambat. Menurut beberapa penyelam yang berhasil menyentuhnya, satwa ini memiliki tubuh yang sangat lembut dan halus.

 

Berikut videonya:

 

Sumber: omgtw

Kamu Mungkin Suka