Terus Kuliah Selama 30 Tahun, Jumlah Gelar Pria Ini Bikin Cengo Orang Sedunia!

Pendidikan tentunya menjadi satu hal yang terpenting untuk bertahan hidup di perkembangan zaman saat ini.

Sponsored Ad

Beberapa tahun lalu, memiliki gelar S1 saja sudah cukup untuk mencari kerja walau bagi beberapa orang mendapat satu gelar ini saja perlu perjuangan besar, baik uang, tenaga, pikiran , dan waktu. Tak sedikit juga mereka yang gagal dan terlalu lama berdiam di universitas dan mendapat sebutan mahasiswa abadi hingga akhirnya harus dikeluarkan dari universitas.

Sponsored Ad

Namun saat ini lulusan S1 sudah terlalu banyak dan perusahaan-perusahaan mulai mencari lulusan S2. Membayangkan biaya dan materi kuliahnya mungkin sudah pusing, tapi apakah kalian tahu di Indonesia ada seorang pria bernama Welin Kusuma yang punya 29 gelar dari berbagai jenis jurusan.

Sponsored Ad

Jumlah gelar itu pasti buat kalian terpana kan? Tunggu dulu, ternyata di India justru ada pria yang punya 145 gelar! ‘Hah?! Beli ijazah kali!’ Mungkin kamu langsung punya pikiran negatif ini, iya kan? Pria yang bernama V.N Parthiban ini murni mendapatkan 145 gelarnya tersebut setelah ia duduk di bangku kuliah selama 30 tahun. ‘Apa gak eneg ya 30 tahun belajar terus?’ Pasti kalian akan berpikir seperti ini.

Sponsored Ad

Padahal dulu V.N Parthiban berpikir bahwa kuliah itu biayanya sangat mahal dan ia menganggap belajar di universitas adalah hal yang sangat mewah. Namun semua itu tidak menghalangi V.N Parthiban punya cita-cita untuk belajar sebagai mahasiswa. Saat meraih gelar sarjana pertama kali, ia juga mengalami masa-masa sulit dan ia harus berusaha terus menerus belajar.

Sponsored Ad

Setelah mendapat satu gelar, ia semakin tertarik pada teori-teori baru dan ketertarikannya inilah yang mengantarkan V.N Parthiban meraih 145 gelar. Dilansir dari Boombastis, Parthiban ternyata pernah berkuliah di lebih dari 100 jurusan di beberapa kampus di India. Gelar-gelar tersebut di antaranya, 12 gelar master filsafat (M.Phil), 8 gelar master hukum (ML), 10 gelar master seni (MA), 8 gelar master ekonomi (M.Com), 3 gelar master sains (M.Sc), 9 gelar master of di bidang bisnis (MBA), dan masih banyak gelar-gelar lainnya.

Sponsored Ad

Saat baru lulus S1, Parthiban bekerja di Departemen Kehakiman, sambil bekerja ia mendaftar ke universitas-universitas lain sehingga ia dapat belajar berbagai materi selama bekerja. Walau telah 30 tahun, Parthiban tidak pernah merasa bosan kuliah dan ia berencana kuliah lagi walau usianya telah mendekati kepala enam.

Sponsored Ad

Meski sudah meraih 145 gelar, Parthiban tetap manusia biasa dan punya sifat pelupa. Parthiban yang mengajar di beberapa kampus sering salah membawa buku atau sulit mengingat sesuatu. Selain dirinya yang memiliki sederet gelar, ternyata istri Parthiban juga punya 9 gelar dan kedua anaknya sudah mempunyai gelar master. Jelas sekali sifat suka belajar Parthiban juga menurun di kedua anaknya. Keren banget ya!


Sumber : Boombastis

Kamu Mungkin Suka