Aku Turunkan Berat Badan 114 KG Jadi 68KG! Orang Sampe Pangling Lihat "Wajahku"!

Tidak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan. Apakah kamu salah satunya?


Sponsored Ad

Beberapa waktu lalu, sempat heboh berita bocah SD yang memiliki berat badan 114 kilogram


Sponsored Ad

Bisa dibilang ia adalah murid yang memiliki berat badan paling berat di kelasnya. Di bawah ini adalah foto-fotonya semasa masih gendut

Setiap kali ia tidur, bajunya seakan mau robek dan perutnya kemana-mana. Hal itulah yang akhirnya membuatnya bertekad untuk melakukan diet

“Saat saya masuk ke SMA 1, saya mulai sadar bahwa saya harus menurunkan berat badan saya", katanya


Sponsored Ad

“Tapi diet bukan hal yang mudah, kebiasaan saya ngemil setiap hari dan makan dalam porsi besar membuat saya kesulitan. Hal itu membuat saya merasa ingin menyerah saja, hari-hari terasa begitu menyiksa dan tak terlupakan", lanjutnya

“Setiap orang yang ingin menurunkan berat badan harus bisa membulatkan tekadnya terlebih dahulu, perlahan-lahan kurangi porsi makan, minuman manis dan lakukan lebih banyak aerobik"


Sponsored Ad

“Tujuan terasa semakin menjauh dan sulit dijangkau. Hal itu terjadi pada saya dan saya telah gagal berkali-kali"

“Sebenarnya tujuan saya tidak jelas, hanya saja ketika saya duduk di bangku SMA, saya merasa harus berubah dan mengambil kesempatan ini untuk mengubah diri saya"


Sponsored Ad

Setelah berusaha selama beberapa lama, ia mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, beratnya mulai turun 20 kilogram menjadi 90 kilogram

Terlihat lemak pada wajah dan dagunya sudah mulai menghilang


Sponsored Ad

Tentu saja ia masih ingin melanjutkan dietnya itu, bahkan ia berhasil menurunkan berat badannya hingga hanya 68 kilogram saja!


Sponsored Ad

Sebenarnya ia tidak memiliki patokan harus bisa menurunkan berat badan hingga berapa kilogram, ia hanya mengurangi makan dan minum yang manis, lalu coba melihat hasilnya. Orang yang gemuk pasti sudah banyak yang tahu bahwa orang yang gemuk awal-awal pasti bisa menurunkan badannya lebih cepat dibanding orang biasa


Sponsored Ad

Hal tersebut tidak bisa dibilang sukses, karena justru kehilangan berat badan dengan cepat di tahap awal itu adalah sebuah ujian.


Sponsored Ad

“Jangan sedikit-sedikit menimbang berat badan", katanya itu adalah hal yang sangat penting. Bahkan bila perlu katakan pada diri sendiri beberapa kata-kata positif untuk menguatkan, contohnya:

1. Kamu lihat dirimu yang sudah berhasil menurunkan berat badan dengan susah payah. Apakah kamu mau menyia-nyiakan usahamu dan kembali menjadi seperti dulu? Perjalanan sudah tinggal sebentar lagi, ayo semangat!

2. Jangan pernah katakan “makan dikit aja tidak bakal kenapa-napa", hal itu mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya berpengaruh besar!


Ia juga mengungkapkan bahwa ia juga tidak bisa 100% tahu bagaimana cara diet yang benar. Namun, ia memberikan sarannya kepada semua orang:

1. Pertahankan untuk makan 3 kali sehari, atau makan sedikit dan dibagi-bagi menjadi beberapa kali makan. Intinya jangan biarkan kamu merasa kelaparan berlebihan, hal itu malah akan membuatmu semakin ingin makan lebih banyak.


Saat makan siang, usahakan untuk tidak makan makanan berkarbohidrat tinggi dan berminyak, cukup makan nasi, sayur-sayuran, dada ayam.

Begitu juga untuk porsi makan malam, makan makanan berkalori rendah, susu kedelai bebas gula, dan makan sekitar pukul 6 sore.

Intinya, cara makan ini adalah untuk memperoleh setiap nutrisi dan mengurangi porsi makan. Satu titik, diet tidak boleh membuatmu merasa tersiksa dan menyakiti tubuhmu


2. Tidur. Tidur adalah hal yang sangat penting. Biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Miliki tidur dan istirahat yang cukup untuk mempersiapkan hari berikutnya dapat membantumu membakar kalori dan lemak.


3. Olahraga

Selain 2 hal di atas, menjaga kebugaran tubuh juga adalah hal yang penting. Dapat dilakukan dengan melakukan jogging sebanyak 3-4 kali seminggu (kira-kira 8 km setiap hari). Pada tahap awal mungkin akan terasa lelah dan cukup lari sekitar 2 km, baru perlahan-lahan ditambah. Tekun dan bersabarlah, temukan motivasi untuk berolahraga teratur


Tentu saja, yang terpenting adalah tidak menurunkan badan demi orang lain, melainkan demi dirimu sendiri. Yuk like, share dan komen artikel ini!

Sumber: urreply

Kamu Mungkin Suka