BAHAYA! Inilah 6 Penyebab Pipis Kamu Berbusa dan Berbau Aneh, Pasti Kamu Sering Mengalami yang Nomer 6.

  • 11 Aug 2017

    RedRIOT

Anda mengalami kondisi kencing berbusa dan berbau saat pagi hari? Atau sepanjang hari? Sebaiknya berhati-hati karena jika diabaikan bisa saja kencing berbusa tersebut adalah tanda atau gejala ada sesuatu yang salam dalam tubuh Anda.


Jika kondisi kencing berbusa tiba-tiba terjadi pada Anda maka diharapkan berahti-hati. Adanya busa atau buih pada air kencing / seni bisa jadi merupakan sebuah ‘alarm’ yang menandakan ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda.


Normalnya, urine memang tidak disertai busa. Namun saat urine berbusa terjadi terus menerus dan busa yang terbentuk cukup banyak, terutama bila disertai gejala lain seperti pembengkakan tubuh, jumlah urine berkurang, kemerahan, ataupun gejala lainnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni:

1. Masalah pada Jantung

Urine berbusa juga bisa menjadi gejala masalah kardiovaskular. Tingkat protein yang tinggi pada urine terkait dengan masalah seperti stroke juga.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Saat bakteri menginfeksi saluran kemih, bisa juga menyebabkan urine berbusa. Bahkan ISK pun bisa menyebabkan kebocoran protein ke dalam urine.

3. Diabetes

Diabetes bisa memengaruhi ginjal dan menyebabkan urine berbusa. Kadar gula darah tinggi sangat buruk bagi kesehatan dan kinerja ginjal.

Jika kadar protein dalam urine terlalu tinggi, maka kondisi ini dikenal sebagai proteinuria.

Bila ginjal tidak mampu menyaring protein dengan baik, lebih baik berkonsultasi ke dokter.

4. Stres

Jika kita merasa cemas atau stres, urine cenderung berbusa atau berbuih. Apa alasannya? Saat mengalami stres, protein albumin juga bisa bocor ke dalam urine.

5. Kehamilan

Urine berbusa bisa saja terjadi selama kehamilan. Saat hamil, ginjal lebih banyak bekerja dan protein bisa bocor ke dalam urine sehingga menyebabkan busa.

6. Dehidrasi

Busa urine bisa timbul karena dehidrasi. Bila kita mengalami dehidrasi, urine cenderung memiliki protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi sehingga menimbulkan busa.

Bila tubuh mengalami kondisi ini disarankan untuk mengonsumsi air putih secukupnya.

Kalian pernah mengalami gelaja-gejala seperti diatas gak? Kalau pernah berarti kalian harus berhati-hati dan rutin untuk melakukan check-up ke dokter ya guys.

 

Sumber: tribunnews

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan / menggunakan / mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com