WADUH! Ternyata “Para Ahli” Tidak Menganjurkan 6 Hal Ini Dilakukan Setelah Kita Makan. 90% Orang Indonesia Pasti Pernah Melakukan Yang Nomer 6

Kita semua sangat yakin dengan segala hal yang kita lakukan, semua orang memiliki kebiasannya masing-masing. Namun yang tidak kita ketahui adalah bahwa banyak dari kebiasaan kita ini dapat menyebabkan tubuh kita terluka dengan cara yang sangat halus.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh PositiveMed di Health Xchange, mereka mengevaluasi beberapa hal penting yang seharusnya tidak kita lakukan sesaat setelah makan.

Banyak dari tindakan ini bisa menghilangkan panas dan energi dari perut kita. Akibatnya, ini akan memperlambat proses pencernaan, dan menyebabkan kita bermasalah di masa masa yang akan datang.

Hal apa sajakah yang sebaiknya kita hindari setelah makan?

1. BURUK:  Berjalan-jalan

Kebanyakan orang percaya bahwa berjalan-jalan setelah selesai makan dapat membantu cairan perut mengalir dan membantu pencernaan. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Aktivitas seperti berjalan setelah makan dapat menghasilkan Acid Reflux dan gangguan pencernaan.

Berjalan adalah cara yang baik untuk membakar energi. Idealnya kita sebaiknya tidak berjalan lebih dari 10 menit, dan hanya mulai berjalan setidaknya 30 menit setelah kita selesai makan.

2. BURUK: Makan Buah

Banyak orang makan buah tepat setelah mereka selesai makan. Ternyata, ada waktu yang tepat untuk makan buah.

Ada baiknya mengetahui bahwa hampir semua buah mudah dicerna karena mengandung gula sederhana. Namun, saat kita makan buah tepat setelah makan, buahnya tidak bisa lewat dengan cepat ke dalam usus untuk dicerna.

Sebaliknya, itu akan "terjebak" bersamaan dengan isi makanan kita. Itulah mengapa kita benar-benar tidak boleh makan buah apapun dalam satu jam pertama setelah menyelesaikan makanan kita.

3. BURUK: Minum Teh

Banyak teh memiliki sifat Anti-Inflamasi dan pembersihan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun, banyak ahli gizi tidak menganjurkan untuk meminum ini setelah makan.

Teh mengandung sesuatu yang disebut Polifenol dan Tanin, komponen yang mengikat zat besi pada makanan nabati. Hal ini membuat sedikit lebih sulit bagi kita untuk menyerap zat besi yang mungkin ada dalam makanan kita.

Itulah mengapa kita idealnya mulai minum teh setidaknya satu jam setelah selesai makan.

4. BURUK: Tidur Siang

Banyak orang mungkin sudah tahu yang ini, tapi tidak ada salahnya mengingatkan kembali bahwa berbaring tidur setelah makan itu buruk untuk tubuh kita, karena sejumlah kecil cairan pencernaan akan mengalir kembali dari lambung dan masuk ke saluran makanan diatas perut kita.

Karena cairan lambung bersifat asam, maka itu akan membakar lapisan dalam saluran makanan di tubuh kita. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang mengalami sensasi terbakar saat mereka berbaring tepat setelah selesai makan.

Untuk menghindari hal ini, hanya mulai tidur setidaknya dua jam setelah kita makan.

5. BURUK: Mandi

Saat kita mandi air hangat atau berendam, suhu di tubuh kita akan naik. Untuk menurunkan suhu ini, tubuh kita memompa lebih banyak darah ke arah luar permukaan kulit kita, agar panasnya bisa dilepaskan.

Akibatnya, darah dan energi yang seharusnya bisa digunakan oleh perut untuk mencerna makanan kita, tidak digunakan dengan benar.

Idealnya, hanya mulai mandi setelah menunggu 30 menit.

6. BURUK: Merokok

Bagi banyak orang, merokok telah menjadi aktivitas komunal setelah makan. Artinya, dia akan merokok dengan teman, rekan kerja, atau keluarga sesaat setelah makan.

Meskipun resiko utama dari merokok adalah Kanker dan Emfisema (yang menyebabkan sesak napas), diketahui pula bahwa merokok memperburuk gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan menyebabkan sakit maag.

Merokok juga berdampak negatif pada otot usus besar, atau sebagian besar organ dalam yang merupakan bagian terakhir dari sistem pencernaan.


1. BAIK: Minum Air Hangat

Untuk jam-jam  awal setelah kita makan, perut kita memerlukan darah, energi, dan panas untuk memecah makanan menjadi molekul, sampai melewati pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menghabiskan energi untuk melakukan aktivitas lain yang berpotensi mengganggu proses ini.

Idealnya, sebaiknya hindari semua makanan dingin, seperti es krim dan air dingin. Ini akan "membunuh" panas di perut kita, dan reaksi asam yang masuk ke pencernaan.


2. BAIK: Ngobrol dengan Keluarga Atau Teman

Untuk menjaga tingkat aliran darah yang baik di tubuh kita dan tidak mengganggu pencernaan, hindari aktivitas fisik dan mental yang berat. Hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan obrolan santai dengan keluarga atau teman.


3. BAIK: Mengenakan Pakaian Longgar

Untuk mencegah Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD), hindari memakai pakaian ketat, ikat pinggang, atau sejenisnya.

Sebaiknya gunakanlah pakaian yang longgar sebelum dan sesudah kita makan.

Jadi, apakah anda belajar sesuatu yang baru tentang hal-hal yang seharusnya tidak anda lakukan secara langsung setelah makan?

 

Sumber: littlethings

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan / menggunakan / mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Kesehatan