Siapa Bilang "Gula" Hanya Jadi Sumber Penyakit? Ada Alasan “Tak Terduga” yang Bikin Kamu Nggak Boleh Berhenti Konsumsi “Makanan Manis”

  • 11 Aug 2017

    MonPet

Hal paling umum yang sering kita dengar tentang gula pasti adalah bahwa gula itu jahat dan berbahaya. Sumber penyakit berasal dari gula. Bisa bikin diabetes dan obesitas serta menumbuhkan kanker.

Tapi apa bener dengan nggak mengonkumsi gula sama sekali bisa bikin kamu terbebas dari kanker? Memang benar salah satu sumber sel kanker adalah dari gula tapi di satu sisi gula juga menjadi sumber asupan bagi sebagian besar sel tubuh dalam aktifitas sehari-hari.

seruni.id


Bahkan semua karbohidrat mengandung gula lho. Sebut aja kentang, pasta, biji-bijian, di dalam tubuh makanan ini diubah menjadi gula sederhana yang disebut glukosa dan fruktosa. Itu artinya juga kita nggak bisa berhenti mengonkumsi gula karena berarti akan memutus asupan untuk sel tubuh lainnya.


Bahkan menurut ahli biologi kanker Universitas New South Wales Dr Darren Saunders, sel kanker nggak hanya tumbuh melalui gula tapi juga dari asam amino (protein) dan lipid (termasuk lemak dan minyak).


Nah, meski begitu konsumsi gula dan makanan manis tetap harus diperhatikan. Lemak bisa dikonversi menjadi gula saat tubuh kekurangan gula, sebaliknya gula juga bisa disimpan sebagai lemak saat tubuh lagi nggak butuh. Hebat kan tubuh kita?

hellosehat.com


Bukan gulanya yang jahat tapi volumenya yang perlu menjadi perhatian. Tentu saja semua yang berlebihan berbahaya. Mereka yang mengonsumsi gula lebih tinggi memang lebih rentan terhadap obesitas dan bisa terkena resiko kanker.


Menurut Dr. Sanders lagi, ada beberapa sel kanker yang bisa dimatikan dengan mengurangi suplai gula tapi ada juga yang bisa dimatikan dengan menghalangi suplai lipid atau asam amino.


Maka dari sekarang kita tau bahwa kita harus bijak dalam mengonsumsi makanan ya. Tentu saja makanan manis tidak masalah selama konsumsi sesuai dengan kebutuhan.

 

Sumber : tribunnews.com

 

"Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan / menggunakan / mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com”.