DIY: Cara Membuat "Sabun Cuci Piring" Yang Mantap dan Murah Meriah. Cocok Buat Kamu Yang Lagi Ngirit Biaya Belanja Bulanan

Saat ini cairan pencuci piring lebih diminati penggunaannya daripada sabun pencuci piring batangan ataupun sabun colek, karena hasilnya dalam membersihkan kotoran yang menempel pada peralatan makan kita terbilang baik. Cairan pencuci piring juga bahkan tersedia dalam berbagai merk dan varian aroma yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan dalam memilih produk adalah keamanannya bagi kesehatan. Jadi, sebagai konsumen kita juga harus pandai-pandai memilih produk yang aman.

Selain itu, sebenarnya kita juga bisa membuat sabun cuci piring sendiri yang sesuai dengan kebutuhan kita, yang pasti kita juga bisa menjadi lebih hemat. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat sabun pencuci piring.

BAHAN YANG DIBUTUHKAN:

1½ cangkir baking soda

1½ cangkir bubuk asam sitrat

¾ cangkir garam Epsom (Magnesium Sulfate)

½ cangkir cuka putih

20 tetes sari perasa (Essence) lemon

2 atau lebih cetakan es batu

 

CARA PEMBUATAN:

Campur baking soda, bubuk asam sitrat, dan garam Epsom secara bersamaan. Lalu, Tambahkan cuka putih dan Essence lemon. Jangan khawatir jika campurannya mengembang, hal tersebut dikarenakan campuran cuka dan baking soda yang bereaksi bersamaan.

Campur dengan baik dan bagilah adonan ke dalam cetakan es batu. Pastikan adonan ditekan-tekan secara merata.

Biarkan nampan sampai kering setidaknya selama 24 jam! Kemudian keluarkan adonan yang telah kering dari cetakan tersebut.

Tips: Jika kotak cetakan terlalu besar, kita bisa membelah 2 adonan sabun yang telah dicetak, jadi nanti kita akan mendapatkan hasil 2x lebih banyak dari seharusnya tanpa harus menggunakan 2 buah cetakan.

Voila! Jadi deh sabun cuci buatan kita sendiri.

Nah Pisers, ada yang mau coba buat bikin sabun cuci piring sendiri gak?

 

Sumber : cleverly.me

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan / menggunakan / mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com

 

 

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Inspirasi