7 Teknik Pernapasan yang “Jarang Diketahui” oleh Ibu Hamil Ini, Dijamin 99% Dapat Bikin Persalinan Lebih Mudah!

Bagi ibu yang sedang mengandung tentu memiliki banyak sekali kekhawatiran ketika akan tiba saatnya bersalin. Apalagi bagi seorang ibu yang baru pertama kali melahirkan dan belum mempunyai pengalaman sebelumnya. Penting untuk diketahui bagi para ibu bahwa melakukan proses pernapasan yang baik dan benar akan memperlancar jalannya proses persalinan.

Berikut ini ada beberapa cara atau teknik pernapasan yang baik dan bisa dilakukan saat proses persalinan.

1. Beberapa saat setelah terjadi kontraksi, tariklah napas dalam-dalam secara perlahan menggunakan hidung, lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Saat menghembuskan napas buatlah otot-otot wajah menjadi rileks dan tubuh menjadi lemas. Kamu juga bisa menghentikan pernapasan itu dengan desahan panjang.

2. Pada saat mencapai puncak kontraksi fokuskan perhatian dan ingatkan diri sendiri untuk tetap bernapas santai dan nyaman.

satujam.com

3. Minta suami untuk mengingatkanmu memperlambat napas jika kamu sudah mulai bernapas terlalu cepat ketika kontraksi semakin intens.

4. Jika kamu masih bernapas terlalu cepat, ada baiknya berhenti sejenak untuk mengambil napas yang dalam. Lakukan hal tersebut secara berkala agar ingat untuk memperlambat napas.

5. Tarik napas dengan cepat tapi keluarkan napas dengan suara yang bisa terdengar oleh orang yang ada di dekatmu. Saat persalinan, kamu boleh berteriak dan bergumam saat mengeluarkan napas.

6. Jaga selalu posisi bahu pada posisi ke bawah tetap rileks. Buatlah dada dan perut terasa rileks sehingga saat menarik napas, keduanya mengembung dan ketika mengeluarkan napas semua kembali dengan normal.

7. Jangan bernapas secara tergesa-gesa dan panik. Napas yang terengah-engah adalah napas yang tidak alami. Terengah-engah akan membuatmu mudah lelah serta mengurangi asupan oksigen yang menyebabkan hiperventilasi.

Nah, moms setelah tau 7 teknik pernapasan di atas, tentu bisa sedikit persiapan untuk melahirkannya ya. Semoga semua lancar dan diberi kesehatan untuk ibu dan anak.

 

Sumber: bidanku.com

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan / menggunakan / mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Mama dan Anak