Tanya Kenapa? Sebagian Besar Dokter Tidak Memberi Tahu Mengapa "Infus Dipasang di Kepala Bayi?" Jutaan Netizen Jadi Kepo Maksimal

Ada seorang Ibu menulis postingan seperti ini di salah satu media sosial:"Anakku beberapa hari ini sakit sampai harus diinfus. Saya merasa sangat khawatir dan takut setiap kali suster memasukkan jarum infus yang tajam itu ke kepala anak saya. Terkadang suster mencoba sampai berkali-kali untuk memasukkan infus, dan anak saya langsung menangis keras. Saya benar-benar tidak mengerti mengapa harus memasang infus di kepala? Apakah hal ini tidak akan mempengaruhi perkembangan otak anak saya?"

Pada kenyataannya, banyak ibu di dunia memiliki pertanyaan yang sama, dan mereka juga merasa sangat tertekan setiap mengetahui kalau anaknya harus dipasang infus di kepala. Sebenarnya seberapa berbahayanyakah memasang infus di kepala?

Seperti yang kita tahu, tangan dan pembuluh darah bayi relatif kecil sehingga sulit ditemukan. Sedangkan kepala bayi memiliki kulit yang tipis, memudahkan suster untuk menemukan pembuluh darah. Oleh karena itu, kebanyakan suster akan memilih memasangkan infus di kepala bayi. Meski terlihat menyakitkan, pada dasarnya memasang infus di kepala sama seperti memasang infus di tangan atau kaki.

Sebagai orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Seiring berjalannya waktu, pembuluh darah di tangan dan kaki lama-kelamaan akan makin terlihat, dan kulit kepala perlahan-lahan akan mengeras, sehingga mencari pembuluh darah di kepala akan menjadi sulit ketika bayi beranjak dewasa. Ketika bayi beranjak dewasa, maka suster pasti memasangkan infus di tangan atau kaki.

Alasan berikutnya adalah karena bayi suka bergerak, dan mereka akan merasa tidak nyaman atau takut kalau melihat tangan atau kakinya ditusuk jarum, sehingga mudah membuat jarum infus terlepas. Jika jarum infus tanpa sengaja lepas, maka suster harus mencari pembuluh darah lain dan memasangnya kembali. Memasang infus kedua kali merupakan hal paling menakutkan bagi bayi, maka dari itu lebih baik memasang infus di kepala.

Memasang infus di kepala juga lebih aman daripada di tangan atau kaki. Para orang tua mungkin menyadari kalau ketika bayi diinfus, badan mereka akan terasa hangat, sedangkan kaki dan tangannya agak dingin. Hal ini terjadi karena sistem saraf perifer dan sistem pembuluh yang mendistribusikan darah pada tangan atau kaki tidak berjalan lancar. Sedangkan pembuluh darah di kepala mempunyai sistem insulasi panas lebih baik daripada tangan atau kaki yang mampu mengurangi efek alergi dari infus yang diberikan pada bayi.

Selain tidak berbahaya, pemasangan infus di kepala bayi juga tidak akan berpengaruh pada proses perkembangan otak. Infus pada dasarnya adalah pemasukan cairan atau obat ke dalam tubuh melalui pembuluh darah, jadi prinsip kerja infus yang dipasang di tangan atau kaki dan yang dipasang di kepala adalah sama. Asalkan suster tidak sembarangan memasang jarum infus, dan infus itu bisa dimasukkan, dialirkan oleh pembuluh darah, mau memasang infus di bagian tubuh bagian manapun sebenarnya tidak masalah dan tidak ada bedanya.

Intinya, memasang infus di kepala sebenarnya karena mempertimbangkan usia bayi dan kondisi dari masing-masing bayi. Suster tidak akan langsung memasang infus di kepala, jika infus sebenarnya bisa dipasang di tangan atau kaki bayi. Selain itu, perlu kalian ingat juga, kalau memasang infus di kepala TIDAK akan mempengaruhi perkembangan otak. Jadi mulai sekarang tidak perlu lagi terlalu khawatir atau takut jika bayi kalian kelak harus diinfus di kepala. Namun, orang tua juga jangan sedikit-sedikit langsung meminta bayi diinfus ketika sakit. Kalau memang kondisi bayi sudah sangat lemah sampai harus diinfus, sebagai orang tua harus bekerja sama dan percaya pada suster di rumah sakit, jangan sampai karena tidak tega melihat anak diinfus di kepala, memaksa untuk memasang infus di tangan atau kaki yang akhirnya malah mengakibatkan infeksi, pendarahan, atau hal lainnya yang merugikan bayi kita sendiri.

 

Sumber: How

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com

 

 

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Mama dan Anak