Beauty is Pain, Jangan Anggap Remeh "Penyakit Umum" Ini ya Girls! Lakukan Hal Ini agar Kalian Bisa Tetap Tampil Cetar Membahana

Siapakah yang pernah mendengar perihal penyakit bunion (Hallux Valgus)? Ya, ini adalah penyakit yang jarang kita dengar, tapi banyak orang terutama wanita pasti mengalami penyakit yang sebenarnya umum ini. Berbicara tentang bunion, penyakit ini adalah penyakit yang biasa menyerang wanita yang suka memakai sepatu hak tinggi dalam waktu lama.

Bunion atau Hallux Valgus adalah istilah medis yang digunakan untuk mendeskripsikan adanya tulang yang bengkok, atau keliatan bengkok di daerah tungkai bawah yang mengarah ke luar. Bunion adalah benjolan yang terdapat pada pangkal jempol kaki.  Bunion bisa terjadi karena faktor genetik, dan 50% penderita bunion disebabkan oleh faktor genetik. Faktor lainnya adalah karena wanita sering memakai sepatu hak tinggi yang bagian depannya lancip. Tekanan secara terus-menerus pada telapak kaki bagian depan dan saraf-saraf di sekelilingnya dapat menyebabkan wanita yang suka menggunakan hak tinggi, terutama yang berujung lancip terkena penyakit ini.

Rematik atau rheumatoid arthritis juga dapat memicu kerusakan beberapa sendi dan terjadinya subluksasi (kondisi dimana sesuatu tidak berada pada tempatnya lagi), yang akhirnya menyebabkan benjolan pada pangkal jempol kaki. Seperti yang kita tahu, letak kaki kita sangat jauh dari liver, oleh karena itu sendi kaki kita kemungkinan tidak mendapatkan cukup asupan darah. Jika kita lama berdiri sambil memakai sepatu hak tinggi, darah yang berada di kaki wanita akan mudah tersumbat, yang kemudian muncul rasa sakit yang tak tertahankan.

Ilmu pengobatan Tiongkok mengatakan kalau ingin peredaran darah dalam tubuh lancar, pertama-tama harus menjaga kesehatan liver dan lambung kita, karena liver dan ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting dan berpengaruh untuk kebugaran fisik manusia.

Dalam buku Compendium of Materia Medica, sebuah buku ilmu kesehatan Tiongkok kuno disebutkan bahwa bubur yang terbuat dari nasi hitam, buah gorgon, jamur Fu Ling, ubi jalar, rasberry, kacang hitam, dan kacang polong sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit bunion. Beras hitam dapat membuat liver menjadi hangat sehingga meningkatkan proses sirkulasi darah dalam tubuh. Kalian juga bisa mencampurkan beras hitam ke dalam obat-obatan lainnya ketika menderita penyakit yang disebabkan akibat kekurangan darah. Beras hitam ini sangat efektif bagi wanita yang kekurangan darah dan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Jamur Fuling, ubi jalar, dan buah gorgon adalah bahan-bahan yang mengandung zat bergizi untuk tubuh yang dapat membantu menambah darah. Bagi para pekerja kantoran yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membuat bubur, kalian bisa saja mencari produk yang sudah jadi yang kemudian tinggal diseduh menggunakan air panas.

Untuk menghilangkan benjolan pada penderita bunion tingkat akut, operasi adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit dan memperbaiki kelainan bentuk. Jika kalian memiliki kelainan bentuk yang tidak terlalu parah dan tidak terasa sakit, tidak perlu melakukan operasi. Selain kekurangan darah pada kaki, sebisa mungkin hindari pemakaian sepatu hak tinggi, hindari memakai sepatu yang bagian depannya terlalu lancip atau sepatu yang kekecilan. Jika kalian memiliki waktu luang, kalian juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan untuk memperbaiki kelainan bentuk pada jempol kaki.

Sumber: How

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak PastiSeru.com

 

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Wanita