Apa yang Pertama Harus Dilakukan Waktu Tubuh Terbakar?! Hal yang Anak SD Amerika Saja Tahu Ternyata Nggak Banyak Diketahui Orang Indonesia!

 Tau nggak kalau sampai ada tragedi atau kecelakaan yang menyebabkan tubuhmu terbakar, apa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri? Ternyata, hal kecil yang sudah diajarkan di banyak sekolahan di Amerika Serikat ini sangat minim diketahui oleh kita lho?! Padahal penting banget untuk menyelamatkan nyawa seseorang dalam keadaan yang mencekam itu! Yuk kita belajar bersama!

Baru-baru ini, pemerintah Taiwan mulai membagikan cara ini di akun media sosialnya dengan pertanyaan, "Kalau tubuhmu terbakar, apa yang harus kamu lakukan?"

Q : Kalau tubuhmu terbakar, apa yang harus kamu lakukan?

A : Waktu tubuhmu mulai terbakar, ingatlah untuk melakukan tiga langkah ini :

(1) Berhenti : Segera berhenti di tempat.

(2) Berbaring : Segera baringkan tubuh dan tutup wajah dengan kedua tangan (untuk mengurangi luka bakar di wajah). Kalau kedua tanganmu sudah ada nyala api, maka taruhlah kedua tanganmu sejajar dan menempel dengan paha.

(3) Berguling : Kemudian bergulinglah ke kanan dan ke kiri sampai api padam.

Sebenarnya waktu badan terbakar, ide untuk berlari atau memukul-mukul baju itu tidaklah benar. Sewaktu api sudah menyala, kalau kamu berlari, justru hanya akan menambah oksigen dan api akan semakin besar dan kamu semakin sulit bernafas. Hal ini justru membuat orang tidak selamat. Bagian tubuh yang paling lebam adalah kepala dan wajah, jadi kalau kamu tetap duduk atau berdiri, api akan merambat ke atas atau ke bawah dan menyebabkan kematian. Kita seharusnya menggunakan kedua tangan untuk melindungi wajah terlebih dahulu, kemudian membaringkan tubuh dan menekan ke lantai agar api padam. Setelah itu baru berguling ke kanan dan ke kiri supaya api padam di semua bagian.

Ini adalah pelajaran pertama yang diajarkan pada murid SD di Amerika tentang penyelamatan diri. Pelajaran seperti ini tentunya sangat penting buat semua orang lho! Yuk bagikan artikel ini sama orang-orang yang kamu sayangi! 

 

Sumber: Cerpen