Pernahkah Kalian Datang ke "Suatu Tempat" yang Sepertinya Tidak Asing, Tapi Nyatanya Kalian "Belum Pernah Datang Sama Sekali" ke Tempat Tersebut, Ternyata!

Pisers pernah ga ngalaimin kejadian kaya judul diatas? Ternyata fenomena mental tersebut disebut dejavu! Deja vu merupakan sebuah fenomena yang terjadi nyata pada masyarakan dan ternyata sampai hari ini masih sangat sedikit para ahli yang mencoba untuk memahaminya. Padahal data dilapangan antara 60 sampai 70 persen orang - orang pernah mengalami deja vu. Saat deja vu terjadi salah satu dari panca indra kita mengalami sebuah keadaan berupa pengalaman seakan - akan pernah mengalami kejadian tersebut.

Jenis Deja Vu

Deja Vu dibagi menjadi dua jenis, yang pertama assosiatif deja vu dan yang kedua biological deja vu.

Assosiatif deja vu merupakan jenis deja vu yang kebanyakan orang pada umumnya rasakan. Pada kasus deja vu ini, seseorang dapat merasakan mencium, mendengar dan melihat sesuatu sensasi dan hal tersebut di persepsi seakan - akan pernah dialami sebelumnya. Para peneliti percara bahwa jenis deja vu ini berhubungan dengan bagian memori pada otak manusia.

Biological deja vu merupakan jenis deja vu yang dialami individu yang memiliki gangguan temporal lobe atau otak bagian depan. Pada deja vu ini individu mengalami sebuah pengalaman yang sangat tidak biasa dan sangat intens. Nah karena sebabnya berasal dari otak atau bersifat biologis maka peneliti lebih merasa mudah dalam penelitian yang mereka lakukan pada jenis deja vu ini.

Teori tentang deja vu

Sudah banyak orang ataupun organisasi peneliti dan medis mencoba untuk menelusuri dan mencoba menjelaskan apa itu deja vu. Mereka masih mempertanyakan mengapa ada orang yang mengalaminya dan ada orang yang tidak mengalami deja vu tersebut. Dan mencoba menjawab mengapa bisa seseorang merasakan pernah datang ke tempat tersebut padahal belum pernah menginjakan kaki di tempat tersebut.

Parapsikolois (psikolog yang meneliti fenomena tidak kasat mata) mencoba untuk menjelaskan apa itu deja vu. Dan mereka memiliki kesimpulan bahwa deja vu terjadi karena adanya kehidupan sebelumnya dari individu tersebut yang tiba - tiba masuk ke fikirannya. Selain itu adapun dari mereka yang mempercayai bahwa deja vu terjadi akibat adanya respon emosi masa lalu loh, baik itu pengalaman menyenangkan ataupun menyedihkan. Pada intinya mereka menekankan bahwa deja vu merupakan kekuatan dari perasaan seseorang yang terhubung dengan memori mereka sehingga menciptakan sesuatu yang baru dan tidak asing bagi manusia.

Sampai saat ini sebenarnya para penelitipun masih menganggap bahwa deja vu adalah sebuah misteri yang ada dalam otak manusia yang sulit untuk di gapai. Bahkan sebagian dari mereka menyerah dan menganggap hal tersebut tidak bisa di telaah oleh manusia. Namun mereka tetap melakukan penelitian - penelitian agar misteri fenomena deja vu dapat terpecahkan!

 

Sumber : horoscope.com

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Zodiak