Wajib Tau! "6 Kesalahan Umum" Saat Mandi yang Bikin Kulit Kamu Rusak Sampai "Berjerawat"! Iyuh, #5 Masih Sering Dilakukan Orang Indonesia!

Mandi memang jadi salah satu aktivitas wajib setiap hari. Tidak hanya membuat badan bersih, mandi juga menambah kesegaran. Biasanya mandi dilakukan dua kali sehari. Malah ada orang yang hanya mandi sehari sekali.

Terlepas dari berapa banyak mandi sehari, ada 6 hal yang harusnya kita perhatikan saat mandi. Karena 6 hal ini bisa meengiritasi kulit. Tanpa kita sadari, mandi malah menjadi penyakit buat kita. Apa saja 6 hal tersebut? Yuk simak!

1. Mandi terlalu sering

Ada sebagian sumber menyebutkan kalau mandi hanya saat perlu saja. Ada juga yang mengatakan bahwa mandi paling baik dilakukan 2 kali sehari. Dari dua sumber ini, tentu saja tidak ada yang menyarankan mandi sering-sering. Mandi lebih dari 2 kali sehari bisa mengurangi kelenjar keringan di kulit. Hal ini berpengaruh pada kelembapan kulit. Kalau sudah kering, kulit akan mudah teriritasi.

2. Mandi dengan air panas

Mandi dengan air yang terlalu panas bisa membuka pori-pori dan mengelupas kelenjar keringat. Kalau sudah begini, jerawat bukan hanya tumbuh di muka, tapi juga di kulit tubuh kamu.

3. Tidak menyaring air

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia menyaring air adalah kegiatan yang merepotkan karena air ditampung di bak. Namun, kita tidak pernah tau partikel apa saja yang dibawa oleh air yang mengalir ke bak kita. Partikel-partikel ini bisa menyebabkan iritasi kulit.

4. Jarang mencuci handuk

Selalu cuci handuk kamu secara rutin. Handuk yang lembab adalah tempat bersarang favorit bakteri dan jamur. Kalau ada bakteri dan jamur menempel di kulit kamu, siap-siap berhadapan dengan penyakit kulit ringan seperti panu dan kadas. Gantilah atau cucilah handuk minimal seminggu sekali. Jemur di panas terik matahari untuk mematikan jamur.

5. Meninggalkan barang di kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat yang lembab. Meninggalkan benda-benda mu di kamar mandi sama dengan membudidaya jamur dan bakteri. Taruhlah alat mandi mu di luar kamar mandi. Ini akan membantu kamu terhindar dari iritasi kulit.

6. Terlalu sering melakukan scrubbing

Scrubbing memang sangat penting untuk menghaluskan dan mengangkat kulit mati. Seperti yang disarankan banyak pakar, lakukan scrub seminggu sekali. Hal ini bertujuan agar pori-pori mu tidak terbuka. Kalau pori-pori terbuka, mikroorganisme dari luar tubuh akan mudah masuk dan mengiritasi kulit.

Sumber: Grid

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Wanita