Walikota Di Amerika Serikat Ini "Menyamar Jadi Gelandangan". Siapa Sangka, Dirinya Mendapati Fakta Miris Ini Di Jalanan !

Kaum yang tinggal di jalanan kadang menjadi momok besar di pemerintahan karena keadaan mereka bisa saja mengganggu ketertiban. Tidak hanya di negara berkembang, negara maju pun mengalami hal seperti ini. Seperti di daerah Salt Lake County, Utah yang berlokasi di pesisir barat Amerika Serikat. Tingginya tingkat gelandangan membuat pemerintah bingung karena mereka sudah menyediakan banyak tempat penampungan. Namun, para gelandangan lebih memilih untuk tidur di jalanan. Akhirnya sang Walikota yaitu Ben McAdams mencoba menyamar menjadi gelandangan disana selama 3 hari 2 malam. Apa yang dia dapatkan? Mari kita simak !

Pemerintahan di bawah Ben sudah menyediakan tempat penampungan dan makanan yang layak bagi para gelandangan agar mereka tidak terlantar ketika di malam hari. Sayangnya para gelandangan tidak mau menikmati fasilitas tersebut. Ben pun turun ke jalan menyamar sebagai gelandangan. Ketika gelandangan lain sadar bahwa dirinya adalah orang baru di jalanan Salt Lake County. Mereka  berkata kepada Ben dua hal, “jangan melepas sandal” dan “jangan pergi ke toilet setelah gelap”. Pada awalnya Ben tidak mengerti apa maksud dua hal tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya dia mulai mengerti apa pesan dari mereka.

Malam pertama menjadi gelandangan adalah hal paling mengerikan bagi Ben. Dirinya harus merasa tidak nyaman tidur di jalanan dengan lingkungan yang tidak aman. Ben pun heran mengapa masih banyak gelandangan yang mau tidur di jalanan dan tidak pergi ke penampungan. Ben pun hanya tidur empat jam malam itu. Akhirnya dirinya pun bertemu dengan gelandangan lain yang akhirnya menuturkan tentang betapa buruknya pengelolaan tempat penampungan. Penasaran dengan hal tersebut, Ben pun pergi ke tempat penampungan.

Ben sungguh kaget ketika masuk ke tempat penampungan. Tempat yang harusnya sebagai tempat mengayomi para gelandangan justru menjadi tempat para pecandu narkoba berkumpul dan berpesta pora. Ben akhirnya mengerti mengapa penampungan yang dia bangun “tidak laku”. Dirinya pun memerintahkan para jajarannya untuk membersihkan tempat tersebut.

Akhir kata Ben berkata kepada orang - orang bahwa apa yang dia lakukan ini bukanlah dalam bentuk pencitraan. Hal ini murni karena dirinya ingin para gelandangan lebih diperhatikan dan mendapatkan kehidupan yang layak. Hal yang dilakukan oleh Ben ini banyak mendapatkan pujian. Semangat Pak Ben McAdams ! Semoga cita - cita bapak agar para gelandangan mendapatkan hidup yang layak akan tercapai.

 

Sumber : Erabaru

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Inspirasi