Anak Kecil Ini "Menemukan Uang 20 Ribu" di Pinggir Jalan, Siapa Sangka Sang Ibu Melakukan "Satu Langkah Simpel" yang Membuat Semua Orang Langsung Ngikutin

Setiap gerakan, tindakan, dan tutur kata orang dewasa sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak. Baru-baru ini ada seorang ibu yang menuliskan sebuah pertanyaan di akun media sosialnya, ia bertanya,"Jika sedang pergi ke luar dengan anak, tiba-tiba kalian menemukan uang di jalan. Sebagai orang tua yang baik, apa yang seharusnya kamu lakukan?"

Apa yang akan kamu lakukan jika di tengah jalan melihat ada uang 20.000 rupiah tergeletak di tengah jalan? Pastinya semua orang mempunyai pikiran dan maksud yang berbeda-beda. Bagi beberapa orang, 20.000 rupiah bukanlah jumlah yang besar, untung makan di restoran saja tidak cukup, oleh sebab itu karena jumlahnya kecil, anggap saja sebagai rezeki nomplok untuk tambahan. Tapi, ada pula yang menganggap tidak peduli jumlahnya besar atau kecil bukanlah hak siapapun yang menemukan uang itu, dan sudah seharusnya untuk mencari pemilik uang itu atau melaporkan kepada polisi. Ada pula orang-orang yang tidak peduli, karena hanya 20.000, mereka hanya membiarkan uang itu begitu saja.

Suatu ketika, ada seorang ibu bernama Bela yang baru saja menjemput anaknya pulang sekolah. Saat baru saja keluar dari gerbang sekolah, tiba-tiba sang anak meminta ibunya untuk keluar dari gerbang lain. Bela merasa kebingungan, karena sang anak tiba-tiba ingin mengubah rute pulang. Bela pun menanyakan hal ini kepada putrinya, ternyata tak jauh dari posisi mereka ada uang 20.000 rupiah yang tergeletak di pinggir jalan. Pada saat Bela ingin mengambil uang itu, anaknya langsung mencegah dan berusaha melarang ibunya untuk memungut uang tersebut. Namun, Bela tetap saja memungut uang tersebut, menyerahkan uang itu kepada anaknya dan berkata,"Mama dulu pernah mengajari kamu kan?Apakah kamu masih ingat? Jika kamu menemukan uang di pinggir jalan, apa yang harus kamu lakukan? Apakah benar kamu harus menghindari uang itu?"

Sang anak pun mencoba mengingat apa yang pernah diajarkan oleh ibunya. Lalu, ia memberikan uang itu kepada ibu guru dan menjelaskan bagaimana ia bisa menemukan uang tersebut. Beruntung karena pada saat itu adalah jam pulang sekolah, sehingga banyak orang yang berkerumun di depan gerbang sekolah. Guru pun langsung berteriak dengan suara lantang menanyakan siapa yang telah kehilangan uang ini, dan akhirnya pemilik uang ini pun ditemukan.

Kebanyakan orang mungkin berpikir kalau ini hanyalah hal kecil dan tidak penting bagaimana tindakan dari anak menghadapi masalah seperti ini. Tapi, perlu diketahui kalau orang tua memegang peranan penting atas tumbuh kembang anak. Jika, Bela pada saat itu mengikuti sang anak dengan tidak menghiraukan uang yang jatuh, maka sampai kapanpun sang anak tidak akan tahu bagaimana seharusnya bersikap. Selain itu, berilah kesempatan pada anak itu melakukan semuanya sendiri. Biarkan mereka mengalami sendiri dan belajar dari pengalaman tersebut. Dalam kasus seperti ini contoh dan panduan dari orang tua sangatlah penting. Jadi, kalau kalian ada di posisi Bela, apa yang akan kalian ajarkan kepada anak-anak kalian?

 

Sumber: Looker

Mungkin Kamu Suka Artikel Berikut Mama dan Anak